Tugas Minggu 3 - alpro 2 - SI UNIPDU
Merangkum Komponen-komponen OOP
Pengertian OOP
Pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming atau OOP adalah jenis pemrograman komputer di mana programmer mendefinisikan tipe data dari struktur data, dan juga jenis operasi (fungsi) yang dapat diterapkan pada struktur data. Kemudian, struktur data ini yang nantinya akan menjadi objek yang meliputi data dan fungsi.
Selain itu, programmer dapat menciptakan hubungan antar objek. Misalnya, karakteristik suatu objek dapat menurun dari objek lain.
Berikut merupakan komponen OOP yang penting untuk kamu pelajari.
Class
Class bertugas untuk mengumpulkan prosedur/fungsi dan variabel dalam satu tempat. Class merupakan blueprint dari sebuah objek atau cetakan untuk membuat objek. Contoh Class sebagai berikut ini.
Object
Object adalah instance dari class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Contoh Object sebagai berikut ini.
Attribute
Attribute merupakan bagian dari sebuah kelas yang masih berhubungan erat dari kelas tersebut. Atribut bisa juga disebut sebagai properti atau properties dari sebuah class. Contohnya ketika kamu punya sebuah Class Siswa, maka kamu dapat menambahkan atribut seperti nama, umur, kelas dsb. Untuk lebih detailnya, kita contohkan pada program berikut.
Method (Void dan Return)
Method berperan menjelaskan bagaimana suatu atribut beraksi. Peran yang dimaksud berupa tingkah laku (behavior) yang dapat digambarkan oleh suatu method. Method ini ada 2 bagian yaitu method void dan void return
Void adalah method yang tidak memiliki nilai kembali/return.
Return adalah method yang mengembalikan nilai secara langsung atau sebuah nilai dari variable.
Cara membuat object
Sebelum membuat object, kita harus membuat 2 file java. Yang pertama kita membuat file dengan nama Santri.java dan yang kedua kita membuat file dengan nama SantriOut.
Diclass Santri kita membuat atribut data.
Setelah membuat atribut data, kita akan membuat method test agar kita dapat menampilkan data Santri
Buatlah program class dan object menggunakan java dari diagram class berikut:
file MenghitungBangun.java adalah untuk dijadikan superclass
file Persegi.java adalah subclass yang digunakan untuk menghitung rumus persegi
file Lingkaran.java adalah subclass yang digunakan untuk menghitung rumus lingkaran
file PersegiPanjang.java adalah subclass yang digunakan untuk menghitung rumus persegi panjang
file Segitiga.java adalah subclass yang digunakan untuk menghitung rumus segitiga
output
Komentar
Posting Komentar