Tugas Minggu 3 - alpro 2 - SI UNIPDU

Merangkum Komponen-komponen OOP

Pengertian OOP

Pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming atau OOP adalah jenis pemrograman komputer di mana programmer mendefinisikan tipe data dari struktur data, dan juga jenis operasi (fungsi) yang dapat diterapkan pada struktur data. Kemudian, struktur data ini yang nantinya akan menjadi objek yang meliputi data dan fungsi. 

Selain itu, programmer dapat menciptakan hubungan antar objek. Misalnya, karakteristik suatu objek dapat menurun dari objek lain.

Berikut merupakan komponen OOP yang penting untuk kamu pelajari.

Class

Class bertugas untuk mengumpulkan prosedur/fungsi dan variabel dalam satu tempat. Class merupakan blueprint dari sebuah objek atau cetakan untuk membuat objek. Contoh Class sebagai berikut ini.




Object

Object adalah instance dari class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Contoh Object sebagai berikut ini.






Attribute

Attribute merupakan bagian dari sebuah kelas yang masih berhubungan erat dari kelas tersebut. Atribut bisa juga disebut sebagai properti atau properties dari sebuah class. Contohnya ketika kamu punya sebuah Class Siswa, maka kamu dapat menambahkan atribut seperti namaumurkelas dsb. Untuk lebih detailnya, kita contohkan pada program berikut.







Method (Void dan Return)

Method berperan menjelaskan bagaimana suatu atribut beraksi. Peran yang dimaksud berupa tingkah laku (behavior) yang dapat digambarkan oleh suatu method. Method ini ada 2 bagian yaitu method void dan void return

Void adalah method yang tidak memiliki nilai kembali/return.





Return adalah method yang mengembalikan nilai secara langsung atau sebuah nilai dari variable.





Cara membuat object

Sebelum membuat object, kita harus membuat 2 file java. Yang pertama kita membuat file dengan nama Santri.java dan yang kedua kita membuat file dengan nama SantriOut.







Diclass Santri kita membuat atribut data.








Setelah membuat atribut data, kita akan membuat method test agar kita dapat menampilkan data Santri















Sekarang kita akan membuat objek di file kedua dan mengisi data santri1












sekarang kita masukkan method yang sudah kita buat. Contoh, namaObjek.namaMethod();.











Dan terakhir kita jalankan programnya di file SantriOut.java












Output

Buatlah program class dan object menggunakan java dari diagram class berikut:














file MenghitungBangun.java adalah untuk dijadikan superclass









file Persegi.java adalah subclass yang digunakan untuk menghitung rumus persegi









file Lingkaran.java adalah subclass yang digunakan untuk menghitung rumus lingkaran









file PersegiPanjang.java adalah subclass yang digunakan untuk menghitung rumus persegi panjang









file Segitiga.java adalah subclass yang digunakan untuk menghitung rumus segitiga









file Tugas3.java adalah class yang digunakan untuk membuat object dan menampilkan output









output

Komentar